Dirgahayu Republik Indonesia

Minggu, 11 Januari 2015

Ikan Kecil Dan Air

 Suatu hari seorang ayah dan anaknya sedang duduk dan berbincang di tepi sungai. Kata ayah kepada anaknya, " lihat anakku, air begitu penting dalam kehidupan ini, tanpa air semua akan mati."
Pada saat bersamaan seekor Ikan Kecil mendengarkan percakapan itu dari bawah permukaan air, ia mendadak menjadi gelisah dan ingin tahu apakah "air" itu yang begitu penting dalam  kehidupan ini. Ikan Kecil itu berenang dari hulu sampai hilir sambil bertanya kepada setiap ikan yang ditemuinya. " Hai tahukah kamu dimana air? Aku telah mendengar percakapan manusia bahwa tanpa air kehidupan akan mati." Ternyata semua ikan tidak mengetahui dimana air itu. Si Ikan Kecil semakin gelisah, lalu ia berenang menuju mata air untuk bertemu Ikan Sepuh yang sudah berpengalaman. Kepada Ikan Sepuh ,ia menanyakan kembali hal serupa, "Dimanakah air?"
Jawab Ikan Sepuh, " Tak usah gelisah anakku, air itu telah mengelilingi mu sehingga kamu bahkan tidak menyadari kehadirannya. Memang benar tanpa air kita akan mati." 
Apa arti cerita diatas bagi kita ?
Manusia kadang mengalami situasi seperti Ikan Kecil , mencari kesana kemari tentang kehidupan dan kebahagiaan padahal ia sedang menjalaninya bahkan kebahagiaan sedang melingkupinya sampai-sampai dia tidak menyadari karena dalam hidup " Selalu Memandang Ke Atas " .

Sumber Modul BK SMA/MA Penerbit Hayati Tumbuh Subur

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com
My Link